Blog Archive

Senin, 26 Juli 2010

EFEK KACA PEMBESAR SNIPER

Masih ingat dengan Lup atau kaca pembesar?? pasti ingat dong, alat yang berfungsi untuk melihat objek agar kelihatan lebih besar. Nah, Efek seperti inilah yang akan kita buat dengan Macromedia Flash.

Sudah ada bayangan bagaimana cara membuatnya??? berikut ini paparannya :
Efek kaca pembesar ini sebenarnya cara membuatnya sangat sederhana, yaitu dengan memanipulasi tampilan object dengan Teknik Masking, masih ingat Teknik masking dalam Macromedia Flash, kalau kamu belum tau,
kamu bisa baca Tutorialnya di sini. Nah berikut ini cara memanipulasi tampilan object sehingga kelihatan lebih besar :

  • Buat sebuah object yang akan kita soroti, buat objectnya berukuran kecil karena nanti akan kita perbesar. Convert object tersebut sebagai symbol (tekan F8) lalu atur prosentase alpha sehingga kelihatan tidak jelas.
  • Insert new layer, ganti nama layer dengan lup1
  • Buat object lingkaran yang akan kita gunakan sebagai lup (binokular, dll) pada layer baru kita ini. Convert lingkaran tersebut menjadi symbol (tekan F8) beri nama Lup (gantiInstance Name nya dengan Lup2)
  • Insert new layer, ganti nama layer dengan object besar
  • Copy object kecil kita tadi dan paste pada layer baru kita ini, perbesar object dengan Free Transform Tool (pencet tombol Q). Object ini akan menjadi object setelah kita lihat dengan Lup, jadi atur perbesarannya sehingga sesuai dengan keinginan kamu.
  • Insert new layer, ganti nama layer dengan Lup2
  • Copy lup kita yang ada si layer lup 1 tadi dan paste di layer kita ini. Jangan lupa untuk mengganti instance namenya menjadi lup1 ya, Setelah semua langkah-langka di atas kita lakukan maka hasilnya adalah seperti ini :


  • Setelah itu klik lup1 dan tekan F9. Salin script in pada jendela action script kamu. lakukan pada lup2 juga dan jangan lupa untuk mengganti target pada script menjadi lup2. (langkah ini untuk memberikan script pada lup kita agar mengikuti posisi mouse dan menghilangkan crusor mouse)


onCliptEvent (mouseMove){
_root.lup1.x=_root._xmouse;
_root.lup1.y=_root._ymouse;
updateAfterEvent();
}
onCliptEvent (load){
Mouse.hide();
}

  • Klik kanan pada layer lup2 dan pilih menu Mask.
  • Nahsekarang test Movie kamu, mirip dengan efek kaca pembesar kan, belum ya.. atur properti dan perbesaran object yang wajar sehingga menjadi mirip lup beneran.
  • Lakukan sedikit modifikasi sehingga seolah kamu adalah seorang sniper yang akan menembak object kita hasilnya silakan mencoba :





0 komentar:

Share it

proses pembuatan film transformer 3

as

my fish

  © Blogger templates Adipati Wahab by "ARJENG" 2011