tutorial ilmu grafis indonesia

Blog Archive

Rabu, 12 Mei 2010

Kinerja Estetika

Oleh Rene L Pattiradjawane

Teknologi televisi secara cepat sekarang bergerak untuk bisa mengakomodasi kemajuan dan perkembangan teknologi komunikasi informasi, tidak hanya memberikan tayangan yang lebar dan luas untuk menghasilkan ketajaman tayangan definisi tinggi, tetapi juga menghadirkan ledakan informasi menjadi lebih menyenangkan.

Dalam kurun satu setengah dekade ini, teknologi televisi setidaknya telah memperkenalkan beragam teknologi baru mulai dari liquid crystal display (LCD), plasma display panel (PDP), serta yang paling mutakhir adalah light emitting diode (LED). Kehadiran teknologi definisi tinggi (high definition atau HD), telah mampu merapatkan piksel dan memperluas spektrum warna, memberikan konsumen pengalaman menyaksikan teve yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Rancang desain teve yang semakin tipis dengan permukaan tayangan yang lebih lebar memang telah meningkatkan permintaan konsumen yang memperlihatkan pertumbuhan agresif dalam pasar layar lebar rata (flat panel display). Bayangkan, pada awal tahun 2000 lalu sebuah monitor LCD 42 inci (diagonal 106,68 cm) dijual dengan harga sekitar Rp 100 juta, sekarang ukuran yang sama dengan teknologi LCD yang sama ditawarkan dengan harga Rp 6 juta-Rp 8 juta tergantung merek.

Semua orang berlomba untuk memiliki teve layar lebar yang tipis. Berbeda dengan teve konvesional, teve kategori panel rata FPD sekarang mudah terintegrasi dengan komputer, perangkat video games digital, kamera digital, dan lain sebagainya. Selain itu, teknologi definisi tinggi pun menjadikan perangkat teve sekarang menjadi menyenangkan untuk dijadikan sebagai sinema rumah menghibur seluruh keluarga.

Definisi tinggi

Salah satu pelopor penting kemajuan teknologi teve definisi tinggi kaliber dunia adalah Samsung, perusahaan konsumen elektronik terbesar di dunia asal Korea Selatan, yang menjadi pelopor penting menghadirkan beragam pilihan teve, baik memanfaatkan kemajuan teknologi dengan skala ekonomi memadai maupun desain yang menarik untuk menjadikannya serasi dengan interior ruangan.

Samsung, sebagai pelopor teve definisi tinggi, belum lama ini memperkenalkan beberapa model teve layar lebar, rata, dan tipis yang dikenal mulai dari Series 7, Series 6, Series 5 yang menggunakan teknologi LCD ataupun plasma. Belum lama ini, Kompas mencoba teve LCD terbaru buatan Samsung, Series 6 ukuran 40 inci yang memiliki nomor seri LA40A610A3R.

Angka 40 pada seri tersebut menunjukkan ukuran inci lebar panel LCD produk tersebut serta abjad dan angka di belakangnya menunjukkan seri produk yang dimaksud. Angka dan abjad A610 menunjukkan bahwa produk tersebut adalah Series 6. Sebenarnya, perbedaan mencolok antara berbagai seri teve yang diproduksi Samsung tergantung dari fitur teknologi yang dintegrasikan ke dalam perangkat teve, apakah memiliki rongga USB (universal serial bus) atau rongga LAN (local area network) untuk menghubungkan teve tersebut ke dalam sistem jaringan seperti pada Series 7.

Samsung Series 6 LA40A610A3R adalah produk teve layar lebar menggunakan teknologi LCD yang cantik secara desain, serta memiliki kelengkapan koneksi yang beragam, termasuk HDMI (high-definition multimedia interface), menghadirkan sebuah pita lebar bandwith memungkinkan video dan audio berada dalam satu kabel koneksi.

Dengan tiga pilihan rongga HDMI, Samsung Series 6 ini menjadi menyenangkan untuk digunakan di rumah karena bisa memenuhi kebutuhan koneksi teve semua anggota keluarga. Ketika orangtua ingin menyaksikan video definisi tinggi, koneksi HDMI pada perangkat BluRay atau video HD, cukup terkoneksi melalui satu kabel, sedangkan keperluan anak untuk menghubungkan perangkat Xbox juga bisa menggunakan salah satu dari tiga ronggal HDMI yang disediakan Series 6 ini.

Dua esensi

Memiliki kinerja fitur definisi tinggi 1080p, Samsung Series 6 ini menghadirkan dua esensi penting dalam kemajuan teknologi komunikasi informasi, kinerja teknologi yang dapat diandalkan, dan estetika desain yang memungkinkan suasana ruang kerja dan keluarga menjadi nyaman untuk dijadikan tempat berkumpul.

Sebagai perangkat hiburan, kemampuan Series 6 menayangkan video definisi tinggi menjadi menyenangkan seindah menyaksikannya di bioskop. Kemampuannya untuk menampilkan kontras warna dasar menunjukkan bahwa Samsung mampu menerjemahkan produk teve definisi tinggi yang canggih.

Warna yang condong terang dan tajam menjadi warna-warna video definisi tinggi menjadi lebih vivid sejernih kristal. Di sisi lain gradasi dari warna yang sangat terang menuju ke gelap menjadi persoalan umumnya teknologi layar lebar LCD yang masih belum mampu menyamai kemampuan teknologi plasma yang secara halus bisa membedakan gradasi secara bertingkat.

Sebagai perangkat bekerja, Samsung Series 6 yang terhubung ke layar komputer mampu menghadirkan bidang layar kerja sinematik yang lebar dan tajam. Jadi pengeditan foto dan video pada Series 6 ini menjadi lebih dinamis, memungkinkan penggunanya untuk memerhatikan detil secara lebih saksama.

Pada suasana liburan Lebaran sekarang ini memiliki perangkat teve layar lebar dan tipis menjadi perangkat penting bagi mereka yang tidak melakukan perjalanan mudik. Dan pilihan teve Samsung Series 6 ini menjadi menarik, untuk menayangkan berbagai informasi dan hiburan, mulai dari berbagai video HD dan BluRay yang mulai banyak tersedia, sampai pertandingan bola ataupun balapan Formula 1 malam hari di Singapura.


Sumber : Kompas Cetak

0 komentar:


proses pembuatan film transformer 3

as




  © Blogger templates Adipati Wahab by "ARJENG" 2011